Kamis, 04 Desember 2014

Otak-otak Ayam Goreng

Otak-otak Ayam Goreng
Membuat otak-otak identik dengan ikan Tengiri, tapi karena di tempat kami ikan Tengiri jarang didapat, kalaupun ada jumlahnya tidak banyak juga harganya tidak sesuai (sesuai kantong euy.....!!), bisa dipastikan sebagai bahan penggantinya adalah ayam.

Selasa, 02 Desember 2014

Perkedel Kentang Tanpa Telur

Perkedel Kentang Tanpa Telur
Kali ini aku posting resep mudah, murah meriah, cocok untuk teman makan nasi ataupun untuk camilan. Penampilan perkedel ini bulat cantik dan dalamnya padat berisi, juga tidak pecah ketika digoreng walaupun tanpa penambahan telur.

Minggu, 30 November 2014

Rendang Campur


Rendang plus Tahu dan Kentang
Kali ini membuat rendang daging sapi ditambah dengan tahu dan kentang, maksudnya supaya agak banyak lauknya. Dalam resep ini santan yang digunakan hanya satu butir kelapa (ngirit dot com), untuk menyiasati supaya rasanya tetap gurih, ditambahkan kelapa parut sangrai dan kemiri, kebetulan juga ada minyak rendang hasil membuat rendang sebelumnya bisa dipakai untuk menumis bumbunya.

Kamis, 27 November 2014

Resep eksperimen yang rasanya mantap!!

Spaghetti Sensasi Korea Rasa Indonesia

Mengolah spaghetti di rumah kami benar-benar melenceng dari pakem!!, kali ini Spaghetti dimasak dan disajikan dengan sensasi Korea rasa Indonesia

Sabtu, 22 November 2014

Rendang Padang

Baru bisa update blog lagi setelah lebih dari sebulan, ada banyak alasan dan kalau disebutkan bakal memenuhi tulisan dalam blog ini, yang jelas aku dan keluarga Alhamdulillah sehat wal ‘Afiat.

Sabtu, 11 Oktober 2014

Sate Ayam Enak dan Empuk

Membuat sate ayam ini merupakan alternatif apabila sudah bosan mengolah ayam dengan cara digoreng, diungkep, disayur dll.  

Sate Ayam Enak dan Empuk

Kamis, 09 Oktober 2014

Bolu Karamel


Bolu Karamel
Sudah lama berniat ingin membuat bolu karamel, menuntaskan obesesi, biar tidak kepikiran terus.

Selasa, 07 Oktober 2014

Ketan Bakar Gurih

Nasi Ketan
Notes: Maaf, ketan bakar yang sudah matang tidak ada gambarnya, kelupaan difoto keburu habis dimakan.....he...he... keliatan banget blogger amatirnya

Senin, 06 Oktober 2014

Membuat Sate dari Daging Qurban

Sate dari daging Qurban

Idul Adha di lingkungan rumah kami di Plered lumayan semarak, yang menjadi semarak tiada lain karena adanya hewan qurban apalagi ada hewan qurban sapi terasa lebih spesial, selain tentunya hewan qurban domba.

Rabu, 01 Oktober 2014

Membuat Nastar untuk Idul Adha 1435 H

Nastar imut lumer di mulut

Setiap hari raya rasanya kurang sip kalau tidak ada kue nastar, kali ini untuk Idul Adha, saya juga membuat kue nastar. Tepatnya hari kemarin sudah selesai membuat kue nastarnya.

Senin, 29 September 2014

Mudahnya Mengolah Mie Ayam Spesial Rumahan

Kali ini resep yang ditampilkan yaitu membuat mie ayam spesial. Yang menjadi spesialnya menurutku yaitu mie yang digunakan yaitu pasta atau spaghetti, mienya orang italia.
Mie Ayam Spesial Rumahan


Kamis, 25 September 2014

Resep Combro (Oncom di jero)

Combro Empuk
Jadi ingat dahulu, membuat combro kok tidak pernah mirip sama sekali dengan jualannya pedagang combro yang suka berkeliling di lingkungan rumah menjajakan dagangannya. 
Kasus yang sering dialami ketika membuat combro dulu adalah alot setelah dingin, pernah juga waktu pertama kali membuat combro dalamnya masih mentah, tahu tidak sebabnya terasa mentah? Ya itu, karena ketidaktahuan dan sok tahu isian oncomnya tidak dimasak dahulu, masih mentah sudah diisikan ke dalam combro!!
Tapi itu jaman dahulu, sekarang informasi tentang apa saja mudah didapatkan, terlebih lagi informasi tentang resep masakan banyak sekali. 

Senin, 22 September 2014

Bolu Ketan Hitam Alami

Bolu ketan hitam tanpa tambahan pengembang, pengemulsi, apalagi pemanis buatan

Setelah sebelumnya menganggap sukses membuat kue bolu pisang, kali ini dan hari ini tadi siang membuat bolu ketan hitam. 

Minggu, 14 September 2014

Sagu Keju Kismis

Membuat kue kering di luar hari raya memang tidak umum, tapi sah-sah saja sih, siapa pula yang mau melarang.

Sagu Keju Kismis

Sewaktu lebaran kemarin hanya membuat satu macam kue kering yaitu nastar saja dikarenakan moodnya anjlok karena kesehatan tidak mendukung.

Jumat, 05 September 2014

Resep Pempek Ayam

Pempek Ayam Homemade


Di kota kecil kami Plered, ikan laut semacam tengiri merupakan barang langka dan mungkin juga gak niat mencarinya di pasar karena faktor ekonomis, ayam kan lebih murah harganya he...he...

Selasa, 02 September 2014

Membuat Mie Kocok Yang Mudah


Mie Kocok
Salah satu variasi menu makanan di keluarga kecil kami, yaitu minimal seminggu sekali menghadirkan menu ala jajanan umum, seperti membuat bakso tahu, soto ayam, bubur ayam, dan lan-lain.
Sekarang menu ala jajanannya membuat Mie Kocok walaupun pada prakteknya tidak memakai mie, karena karbohidratnya memakai nasi.

Senin, 01 September 2014

Sotosop

Sayur Sop rasa Soto

Sotosop ini adalah sayur sop bening dengan rasa soto, rasa soto ini diperoleh dari penambahan daun salam, serai, jahe, dan lengkuas. Rasanya menyegarkan ditambah dengan sambal cabe rawit, benar-benar nikmat.

Sabtu, 30 Agustus 2014

Resep Pepes Jerohan Ayam

Pepes Jerohan Ayam

Membuat olahan pepes jenis apapun adalah pekerjaan dengan banyak sentuhan alias ribet, terutama ketika menyiapkan daunnya untuk membungkus pepes.

Tapi aku suka beribet ria membuat pepes, salah satunya membuat pepes jerohan ayam (Ati, Ampela, Jantung).  Wanginya yang khas menggoda ketika dikukus dan  rasanya yang enak terasa lebih mantap dengan bumbu yang melimpah ruah.

Kamis, 28 Agustus 2014

Resep Mudah Membuat Rempeyek Bayam

Pohon Bayam yang Tumbuh
di halaman belakang rumahku

Setelah sebelumnya Sang Maha Pencipta memberikan jamur kuping di halaman depan rumah, sekarang di halaman belakang rumah yang luasnya cuma sekucret untuk tempat jemuran, pas ditengah-tengah tempat jemuran tumbuh pohon bayam liar yang besar dan lumayan tinggi dengan daunnya yang lebar-lebar dan banyak, Alhamdulillah terima kasih ya Allah.

Rabu, 27 Agustus 2014

Bolu Pisang


Bolu Pisang Lembut dan Legit

Posting kali ini yaitu tentang membuat bolu pisang, walaupun resep ini biasa-biasa saja, tapi bagi saya ini sangat luar biasa, soalnya jarang sekali membuat kue bolu, lebih jarang lagi yang sukses sewaktu membuatnya terutama dalam rasa dan teksturnya he...he.... 

Selasa, 26 Agustus 2014

Tahu Goreng Tepung Mini

Tahu Goreng Tepung ukuran mini

Sewaktu kumpul dengan keluarga ketika lebaran kemarin, biasanya selain mengobrol ditambah pula dengan acara makan-makan ataupun cemal-cemil makanan.

Untuk menambah seru suasana, kami menyuguhkan tahu goreng tepung yang digoreng dengan ukuran imut. 

Sabtu, 23 Agustus 2014

Resep Perkedel Daging

Perkedel Daging Bumbu Semur


Di Plered kampung tercinta, bola-bola daging ini dinamakan perkedel daging, yaitu bola daging yang dibuat dari gilingan daging sapi dicampur dengan kelapa parut sangrai dalam bulatannya, dimasak dengan bumbu plus kecap merupakan makanan lauk nasi nostalgia masa kecil, rindu sekali pada makanan ini karena dahulu makanan ini terasa sangat istimewa.

Minggu, 17 Agustus 2014

Sosis Ajaso (Ayam Jamur Soun)

Sosis Ayam Jamur Soun siap digoreng

Bahan:

250 gram Ayam

150 gram Jamur Tiram

1 mangkuk soun jagung yang sudah diseduh

1 butir telur

1 siung bawang putih dicincang

1 sendok makan tepung kanji

1 sendok makan minyak wijen

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula pasir

Merica dan pala bubuk secukupnya

Sabtu, 09 Agustus 2014

Resep Semur Telur dan Tahu

Semur Telur dan Tahu, Resep yang sederhana dan mudah membuatnya

Kalau blog ini banyak memuat postingan tentang resep tahu, itu ada latar belakangnya. Bolehlah kiranya saya cerita sedikit....

Senin, 04 Agustus 2014

Resep Bakso Tahu Ayam Wangi Ikan

Bakso Tahu Yummy......... dan mengenyangkan
porsinya mau sedikit atau banyak suka-suka kita.
Setelah bulan Ramadhan dan Idul Fitri berlalu seminggu yang lalu, akhirnya baru punya energi lagi untuk update blog. Di rumah sudah mulai sepi kembali, keluarga yang berkunjung sudah kembali ke rumahnya masing-masing. 
Dan komputer sudah bisa dengan leluasa digunakan, setelah sebelumnya dikuasai oleh dua orang keponakan Abege bermain game.

Kamis, 24 Juli 2014

RESEP SATE MARANGGI LEZAT KHAS PLERED – PURWAKARTA

    Sate Maranggi Sapi Lezat dan Enak

Lama tidak update blog, kali ini saya persembahkan resep spesial yaitu Sate Maranggi. 

Sate merupakan makanan special bagi saya dan bagi orang-orang sekitar saya, juga mungkin bagi anda readers sekalian?

Kamis, 17 Juli 2014

Bumbu Rujak Nan Pedas dan Segar

Bumbu Rujak

Postingan kali ini adalah membuat bumbu rujak. Bumbu rujak ini apabila tidak habis, bisa disimpan lagi di dalam lemari es, lumayan kok bisa tahan lama, kalau sudah beberapa hari malah lebih enak. 

Minggu, 13 Juli 2014

Resep Jamur Crispy

Jamur Crispy

Membuat jamur crispy ini sangat mudah dengan bahan yang murah meriah, versi paling mudah bahannya hanya jamur tiram, tepung, kaldu bubuk instan dan minyak goreng.

Jumat, 11 Juli 2014

Selasa, 08 Juli 2014

Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah
Terus terang seumur-umur baru kali ini memasak kacang merah menjadi sup, soalnya selama ini kebiasaan di keluarga memasak kacang merah itu ya disayur kacang  dengan bumbu yang sama persis dengan bumbu sayur asem yang orang sunda mengenalnya dengan sebutan angeun kacang.

Minggu, 06 Juli 2014

Sayur Labu dan Tahu

Sayur Labu dan Tahu

Melongok ke dalam kulkas, ada labu sayur yang sudah lama nangkring belum tersentuh sampai kulitnya layu dan sebagian dagingnya lembek berwarna kecokelatan, ah masih bisa terselamatkan ambil saja bagian yang bagusnya.

Jumat, 04 Juli 2014

Acar Masak

Acar Masak

Acar masak ini di daerah Purwakarta bisa dijumpai sebagai salah satu menu pengisi nasi berkat atau nasi kotak hajatan atau syukuran walaupun tidak mutlak harus ada.

Kamis, 03 Juli 2014

Resep Sambal Goreng Kentang

Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang ini dibuat ketika munggahan (awal puasa) kemarin, buatnya yang sederhana saja tanpa tambahan hati sapi dan juga petai, lagipula kami berdua kurang suka kedua bahan tersebut (kalau petai kurang suka karena baunya, kalau hati sapi kurang suka belinya, nah lho ketahuan ngiritnya!!!)

 

Rabu, 02 Juli 2014

Tape Singkong Tabur Keju

Tape Singkong Tabur Keju

Salah satu variasi olahan tape singkong dan yang paling mudah dibuat ya inilah tape singkong tabur keju, bahannya hanya tape singkong dan keju parut.

Untuk tapenya dipilih yang tidak lembek karena tapenya akan digarang/dibakar.

Cara membuatnya yaitu:

Tape Singkong dipotong-potong kurang lebih ukuran 1 cm

Digarang di atas pan datar / Teflon yang sebelumnya telah dipanaskan

Bolak-balik tape supaya tidak gosong

Setelah tercium wangi tape bakar sudah siap diangkat


Tata di atas piring taburi keju parut, lebih banyak lebih baik


Sedikit cerita tentang tape pakai keju ini. Ada anak tetangga yang datang ke rumah, ditawari suka tape nggak? maksudnya mau dikasih tape tabur keju ini. Dia tidak menjawab cuma geleng kepala. Tapi saya bilang ini tapenya ditaburi pake keju, mau nggak? Jawabannya jadi menganggukan kepala. (Dari geleng-geleng terus angguk-angguk kayak P-Project). 
Yap di tempat kami keju itu bagi sebagian orang merupakan makanan yang terbilang mewah dan dianggap keren, memakannya merupakan kebanggan tersendiri.

Semoga hari-hari kita diberkahi, terima kasih sudah berkunjung.

Selasa, 01 Juli 2014

Sate Padang Ayam

Sate Padang Ayam

Sate padang ayam ini resep aslinya diambil dari sajian sedap bisa dilihat di sini, tetapi dimodifikasi lagi sesuai selera antara lain dengan ditambahkan pekak dan cengkih supaya rasanya lebih mantap, yuk langsung saja disimak... 

Senin, 30 Juni 2014

Pisang Tabur Keju

Makanan ini merupakan jajanan anak-anak di tempat kami, menggunakan tatakan kue dari kertas, atau plastik mika ukuran kecil yang tutup dan alasnya dipotong menjadi dua, selanjutnya pisang muli dipotong kecil-kecil, diberi parutan keju, susu kental manis dan terakhir ditambahkan meises warna-warni. Dimakannya menggunakan tusuk gigi atau garpu imut dari plastik, menarik sekali.

 

Pisang Muli

Kebetulan ada pisang muli, dan keju juga sedikit madu, langsung deh dibuat menjadi seperti ini:

 

Pisang Tabur Keju

Pisang muli dipotong-potong kecil tanpa perlu dibakar/digarang terlebih dahulu, kucuri sedikit madu lalu taburkan keju parutnya, lho kemana susu dan meisesnya? Bahan itu diskip karena memang tidak tersedia... dan camilan ini lumayan bikin kenyang.


Kalau memakai pisang raja bulu yang sudah masak rasanya lebih enak karena  pisangnya berbau wangi.

Minggu, 29 Juni 2014

Tahu Bubuk

Nasi Tahu Bubuk

Pertama kali memakan tahu bubuk seperti yang resepnya ditulis di sini adalah ketika tinggal di Pesantren putri di kota Garut hampir dua puluh tahun yang lalu, masakan ini disajikan untuk sarapan pagi dan lumayan menjadi salah satu menu favorit para santriwati di sana.

Bagaimana tidak, tahu bubuk ini dimakan dengan nasi hangat yang segar ditambah dengan kerupuk, nikmat sekali.

Sabtu, 28 Juni 2014

Es Krim Tape Singkong

Sebelum mengulas resep, izinkan diriku untuk cerita sedikit terlebih dahulu.


Es Krim Tape Lembut

Perjalanan dari Kecamatan Plered hendak menuju ke Kota Purwakarta atau sebaliknya, pastinya melewati daerah Bendul Kecamatan Sukatani, ya di sanalah banyak kita jumpai penjual tape singkong yang digantung, kalau kami menyebutnya peuyeum Bendul. Sebenarnya jualannya tidak melulu tape singkong, ada manisan khas Cianjur, ubi Cilembu, celengan keramik, dan macam-macam. Semacam sentra oleh-oleh.

Jumat, 27 Juni 2014

Kamis, 19 Juni 2014

Resep Kupat Tahu (Kalau di postingan ini Lontong Tahu)

Kupat Tahu Khas Purwakarta

Judul di atas sengaja ditambah keterangan dalam kurung, soalnya waktu membuat resep ini Kupat tahunya tidak memakai ketupat tapi memakai lontong.

Senin, 16 Juni 2014

Cara Membuat Lontong

Lontong
Dirumahku membuat lontong adalah sebagai selingan dari memasak nasi, biar ada variasi, biasanya lontong dibuat ketika ingin memasak lontong sayur, soto ayam, atau bisa juga lontong tahu (menu kupat tahu, berhubung tidak memakai ketupat diganti dengan lontong).

Sebenarnya lontong yang saya buat bentuknya tidak seperti lontong kebanyakan yang berbentuk lonjong dan disemat dengan lidi. Kalau ini mah beras aron yang dibungkus daun pisang lalu dilipat dua ujungnya, orang sunda menyebutnya dengan kata Leupeut, yah beda nama sama fungsinya.

Minggu, 15 Juni 2014

Resep Bubur Ayam Homemade

Bubur Ayam Homemade

Dulu sekali sewaktu masih kecil, makan bubur ayam itu identik dengan orang sakit, karena tekstur bubur itu lunak sehingga mudah dikunyah dan dicerna.
Tapi untuk waktu sekarang bubur itu tidak harus dimakan oleh orang sakit, buktinya di tukang bubur yang mangkal pembelinya kelihatan sehat-sehat sambil makan buburnya dengan lahap.

Rabu, 11 Juni 2014

AYAM UNGKEP


Kalau kita melihat penjual ayam goreng ataupun ayam bakar, biasanya ayam-ayam yang dipajang sebelumnya sudah dimasak terlebih dahulu.
Potongan-potongan ayam yang sudah dimasak dan dibumbui sehingga ayam  berganti warna menjadi kuning ditata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik oleh pembeli. Kalau kita ingin pesan ayam goreng tinggal digoreng oleh si penjual begitu pula kalau membeli ayam bakar.

Ayam goreng atau ayam bakar sebelumnya diolah dengan cara diungkep atau bisa juga dengan dikukus, maksudnya supaya bumbu ayam meresap, juga sewaktu digoreng atau dibakar tidak memerlukan waktu lama.
Ayam Ungkep

Senin, 09 Juni 2014

Jumat, 06 Juni 2014

Kue Nagasari

Kue Nagasari, atau di tempat kami disebut dengan Papais. Tentunya tiap daerah punya nama tersendiri bagi kue basah ini.
Kue Nagasari 

Saya suka isian kue nagasari memakai pisang bangkawulu, tapi berhubung pisangnya rada langka  saya pakai pisang tanduk.

Rabu, 04 Juni 2014

Kering Tempe Kentang

Kering tempe kentang ini dibuat karena saya adalah orang yang tidak begitu suka membiarkan bahan-bahan makanan tersimpan lama dan belum diolah. Begitulah, jadinya jarang-jarang kulkas saya penuh, sebabnya karena memang jarang diisi  bukan karena rajin mengolah bahan makanan he..he..

Kering Tempe Kentang

Senin, 02 Juni 2014

Es Jagung Manis (Mais con hielo)

Es Jagung Manis
Mais con hielo adalah dessert yang berasal dari Filipina, cara membuatnya sangat mudah sekali. Asal punya kukusan dan kulkas......ting tong??? Maksudnya resep ini saya tidak memakai jagung kalengan soalnya belinya jauh harus ke kota.  Jadi Jagung manisnya beli segar, dikukus sendiri. Kalau kulkas ya jelas buat bikin es batu... ah ngelantur, abaikan.

Minggu, 01 Juni 2014

Prol Tape Singkong


Prol tape singkong ini sangat gampang sekali dibuatnya, tanpa telur, tanpa mixer, tanpa oven, tanpa bahan pengembang juga pengemulsi.
Berawal dari beli tape singkong, eh keesokan harinya tape singkong sudah lembek, supaya jadi makanan yang agak-agak istimewa tapi buatnya mudah pantesnya dibuat apa ya…..
Prol Tape Singkong Kukus Tanpa Telur