Selasa, 27 Mei 2014

RESEP BAKSO TAHU TANPA IKAN


Bakso Tahu Tanpa Ikan

Ceritanya ingin sekali punya blog, salah satu alasannya karena mau share resep bakso tahu. Di rumah kami tidak ada yang tidak suka sama makanan ini, ya iyalah cuma dua orang…. Ditambah keluarga besar juga pada suka apalagi tinggal makan, gak tau kalau disuruh membuat suka nggak ya? Sepertinya tidak suka deh.
Apalagi kalau disuguhkan pas lebaran laku keras nggak pake untung!!


Saya sudah mengalami jatuh bangun, pahit dan getirnya membuat bakso tahu (ceile mendalam sekalee…) dulu pertama kali buat dan seterusnya buat seringnya gagal dan gak mirip sama yang dijual si emang-emang, pertama dari membuat adonannya, terus bumbunya ararancur pisan…
Memang sih yang pertama membuat bakso tahu adalah kakak perempuan saya, waktu itu kalau tidak salah saya masih SMP an. Hasilnya,,,, ya gitu deh. Tapi walaupun nggak mirip dan rasanya aneh selalu habis nggak ada yang tersisa. 
Di situlah saya sering berkesperimen di dapur membuat baso tahu ataupun masakan lain, sampai ibu saya sering Parno kalau denger saya lagi bereksperimen di dapur. Maklum anak ABG belajar masak rada kurang bertanggung jawab…… dapur berantakan dan hasil masakan yang kurang enak, sedangkan di keluarga kami dididik untuk tidak membuang makanan jadinya makanan hasil eksperimen harus dihabiskan. Tau kan kalau makan makanan yang kurang enak mulut rada-rada berontak maunya menolak.

Sekarang kita putuskan saja cerita masa lalunya, saatnya kita membuat bakso tahu.
Selain resep Bakso tahu tanpa ikan, di bawahnya ada resep bakso tahu ayam dan jamur, juga resep bumbu kacang.


 1. Bakso Tahu Tanpa Ikan

Bahan :
¼ kg Tepung Terigu protein apa saja bebas
¼ kg Tepung Tapioka/Tepung Kanji/Aci Sampeu
Bawang Daun secukupnya diiris  (lebih banyak lebih enak contoh 5 batang)
Garam secukupnya
Merica seujung sendok teh
½  sendok teh Gula pasir
200 ml Air atau 1 gelas sedang
15 bh Tahu Goreng dibelah dua, dikeluarkan isinya, kecuali tahu pong.
(saya potongnya kotak tidak segitiga, biar mudah mengisi adonannya)
Minyak goreng secukupnya untuk olesan

Pelengkap:
Kentang
Kol
Telur
Paria
Kecap Manis

Cara Membuat:
  1. Campur tepung tapioka dengan bawang daun, garam, merica, dan gula pasir dalam wadah, aduk sampai rata, sisihkan.
  2. Masak air sampai mendidih
  3. Masukan air mendidih ke dalam campuran tepung tapioka, adonan tepung terkena air panas langsung berwarna bening.
  4. Aduk cepat dengan sendok kayu sampai adonan menjadi seperti lem, lengket dan berat.
  5. Diamkan adonan sampai dingin
  6. Masukan Tepung terigu aduk sampai tercampur rata.
  7. Kalau misalnya adonan tidak kalis atau masih lengket biarkan saja jangan ditambah lagi dengan tepung.
  8. Siapkan minyak goreng dalam piring, dan juga garpu.
  9. Lumuri jari tangan dengan minyak goreng, ambil sejumput adonan (dengan tangan lebih mudah) masukan ke dalam tahu, rapihkan atas adonan dengan punggung garpu yang direndam dalam minyak supaya adonan berjejak. Lakukan terus sampai adonan habis.
  10. Kalau misalnya masih ada sisa adonan dan tahu sudah habis. Bulat-bulatkan saja
  11. Panaskan kukusan dengan api sedang, setelah keluar uap masukan bakso tahu ke dalam kukusan dengan ditata tidak boleh menumpuk seperti gambar di bawah ini sampai semua adonan+tahu habis
  12. Kalau Tahu sudah habis dan adonan masih tersisa, bulatkan adonan ukuran bebas, sebelumnya kedua telapak tangan dioles dengan minyak goreng soalnya adonannya lengket dan lembek, pipihkan dengan punggung garpu lalu kukus sampai matang.

Bakso Tahu Sedang Dikukus

Untuk pelengkapnya: kentang, telur, paria dikukus seperti biasa.
Membentuk kol caranya:
  • Ambil lembaran kol dari satu buah kol bulat bukan yang sudah dibelah
  • Buang bagian bawah batangnya yang keras
  • Kukus kol sebentar saja sampai layu, angkat dan dinginkan
  • Lipat kol seperti melipat dan menggulung lumpia dengan ujung tebal di bawah dan ujung  tipis di atas

Catatan:
Adonan sengaja lembek dan tidak dibiarkan kalis karena ketika sudah dikukus dan matang apalagi kalau sudah dingin hasilnya empuk tidak alot. Memang sih tangan dijamin bakal blepotan tapi jangan dipikirkan prosesnya tapi lihatlah hasilnya, apalagi kalau bumbunya disesuaikan dengan selera kita masing-masing pasti hasilnya akan enyaaak.

2. Bakso Tahu Ayam dan Jamur

Bahan:
300 gr Daging Ayam (mau ada kulitnya atau dagingya saja no problem)
250 gr Jamur tiram
250 gr Tepung Tapioka
Bawang Daun secukupnya diiris (kalau selera aku tetap harus banyak)
¼ sendok teh merica
1 siung bawang putih agak besar diiris kasar
1 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya
15 buah Tahu goreng/atau tidak digoreng
1 sendok makan Minyak wijen
2 sendok makan Kecap asin
Minyak goreng secukupnya untuk olesan

Cara Membuat:
  1. Belah dua tahu, keluarkan isinya. Sisihkan
  2. Daging ayam dipotong kecil-kecil
  3. Jamur tiram disiram dengan air panas sampai layu, atau kalau tidak disiram air panas diberi garam sampai layu, peras airnya.
  4. Siapkan Choper, atau bila tidak ada, pakai blender untuk bumbu (dry mill) giling ayam dan jamur + bawang putih sampai halus (nggak terlalu halus juga nggak apa-apa). Saya menggilingnya dua babak tidak sekaligus.
  5. Siapkan wadah, masukan adonan giling tambahkan bawang daun, garam, merica, kecap asin, gula pasir, dan minyak wijen aduk sampai rata.
  6. Masukan tepung tapioka aduk aduk sampai tercampur rata, kalau adonan lembek biarkanlah saja
  7. Sendokkan adonan ke dalam tahu, beri jejak dengan punggung garpu yang diberi minyak goreng.
  8. Lakukan terus sampai adonan habis.
  9. Kukus sampai matang (caranya sama dengan resep yang di atas)
  10. Yah sudah selesai...


Catatan:
Resep bakso tahu ayam dan jamur itu sekedar variasi saja, bisa diganti dengan ikan tengiri dan juga udang, tapi berhubung saya belum pernah buat yang pakai ikan juga udang ya itulah yang ditulis......
Untuk efisiensi kerja, ketika mengisi adonan ke dalam tahu buat dulu yang sekiranya cukup untuk sekali mengukus, mengukusnya dengan api kecil aja. Jadi sambil mengukus kita sambil mengisi adonan, hasilnya tidak terasa pekerjaan mengisi adonan beres, mengukus juga sambil jalan.
Bagi yang tidak tersedia kecap asin dan minyak wijen tidak ada alasan untuk tidak membuat bakso tahu.

3. Bumbu Kacang

Bahan:
250 gr Kacang tanah goreng/disangrai lebih baik
6 Siung Bawang Putih
3 Buah Bawang Merah
50 gr Cabai Merah (Sesuaikan dengan selera)
Garam secukupnya
50gr/1 gandu Gula Merah
5 butir Kemiri (Optional, nggak pakai juga tidak apa-apa)
½ sendok teh merica
Asam Jawa seruas jari
Minyak goreng untuk menggoreng kacang dan menggoreng bumbu
Minyak goreng untuk menumis bumbu
2 Gelas air
2 sendok makan tepung terigu/tepung maizena untuk pengental diencerkan dengan ¼ gelas air

Cara Membuat:
  1. Kacang tanah digoreng atau disangrai sampai matang betul tapi jangan sampai gosong. Sisihkan sampai dingin
  2. Goreng Kemiri, Cabai merah, Bawang putih, dan bawang merah sampai cabai layu dan berbau pedas (segak kalau bahasa sundanya), angkat, panas-panas ulek bumbu ditambah garam, merica, asam jawa dan gula sampai halus, sisihkan
  3. Ulek kacang tanah sedikit-sedikit, ulek sampai halus. Jangan sekaligus diulek pasti berat nguleknya, sisakan kacang tanah kurang lebih 3 sendok makan untuk ditumbuk kasar.
  4. Campurkan bumbu halus dengan kacang tanah, aduk-aduk sambil diulek supaya tercampur rata.
  5. Tumis setengah bagian bumbu kacang dengan sedikit minyak goreng, sampai minyak terserap oleh bumbu, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai bumbu tercampur dengan air, masak sampai mendidih, cicipi rasanya
  6. Masukan larutan tepung aduk sampai mendidih dan masak sampai kekentalan yang kita inginkan.


Catatan:
  • Resep bumbu kacang di atas hasil akhirnya seperti bumbu pecel yang dijual di pasaran berbentuk padat, bisa bertahan selama seminggu bila disimpan di lemari es, lebih baik lagi bila disimpan dalam wadah tertutup di freezer akan tahan lama dan rasanya tak akan cepat berubah.
  • Takaran bumbu kacang di atas berdasarkan pengalaman bisa digunakan untuk dua kali membuat baso tahu atau kalau diirit bisa tiga kali.
Bumbu kacang

  • Kalau kita malas memasak bumbunya, tinggal seduh saja dengan air panas secukupnya, kalau kurang asin atau kurang manis tambahkan saja garam dan gula pasir secukupnya. Jangan lupa dengan kecap manisnya Jadi deh.
  • Kalau tidak mau mengulek bumbu, gunakan saja blender untuk bumbu tapi yang dipakai setengah resep bumbu kacang
Selamat berprakarya membuat Bakso Tahu....

2 komentar:

  1. selltiket.com menyediakan tiket pesawat, tiket kereta api dan voucher hotel dengan harga paling terjangkau
    dan jangan lupa di http://selltiket.com

    mau berbisnis dengan keuntungan tiket full langsung aja di http://selltiket.com

    BalasHapus
  2. Keliatannya enak tuh ,,, jadi pengen coba buat :D

    BalasHapus