Sabtu, 22 November 2014

Rendang Padang

Baru bisa update blog lagi setelah lebih dari sebulan, ada banyak alasan dan kalau disebutkan bakal memenuhi tulisan dalam blog ini, yang jelas aku dan keluarga Alhamdulillah sehat wal ‘Afiat.


Postingan kali ini tentang resep rendang padang, hmm…  makanan enak dan istimewa. Sebelum bisa membuatnya sangat sering beli rendang ke rumah makan padang sampai pernah ditanya sama penjualnya: Ibu orang awak? Aku jawab bukan, saya mah orang Sunda. Heran juga ditanya seperti itu, apa karena sering beli rendang atau wajahnya (mungkin) seperti orang seberang.


Memasak rendang ini saat kebagian memasak untuk acara arisan keluarga dari pihak suami, sengaja membuat menu Rendang Padang biar spesial, ditambahkan dengan kentang rendang, yaitu kentang bulat kecil ukurannya kurang lebih sebesar buah duku.
 
Resep rendang ini diambil dari perpaduan beberapa resep dari internet, majalah saji, majalah koki, juga bertanya-tanya kepada orang padangnya asli (punya saudara yang menikah dengan orang Padang, juga 2 orang uni tetangga yang baik hati memberikan informasi dan tips cara membuat rendang). Dan hasilnya aku bisa membuat rendang yang enak, lezat dan wangi rempah khas rendang.

Berikut resep rendang ala “Neng Ida....”

Bahan:
1 kg Daging sapi dipotong kotak (serat daging pendek tidak memanjang)
1 kg Kentang rendang dicuci bersih
5 butir kelapa (3/4 liter menjadi santan kental, 2 liter menjadi santan encer)
3 buah Pekak
2 buah Asam kandis
Serai, Daun kunyit, daun jeruk secukupnya

Bumbu halus :
¼ butir kelapa disangrai sampai berwarna kecokelatan
250 gram Cabe merah keriting
100 gram Bawang merah ( ± 16 butir ukuran besar)
8 siung Bawang putih ukuran besar
1 rimpang Lengkuas agak muda (diparut sebelumnya atau dipotong kecil)
1 ujung sendok teh Kayu manis bubuk
1 ujung sendok teh Pala
½ sendok teh Jintan
1 sendok teh Merica
1 sendok teh Ketumbar
2 buah cengkih kering
3 cm Jahe

Cara Membuat:
  • Campur bumbu halus dengan santan encer, pekak, asam kandis, batang serai, daun kunyit, dan daun jeruk di dalam wajan, masak sampai mendidih.
  • Masukkan daging sapi dan butiran kentang, aduk sesekali, masak dengan api sedang sampai air menyusut.
  • Panaskan santan kental di dalam panci sampai mendidih, masukkan ke dalam masakan rendang ketika air sudah menyusut, pada saat itu rendang mulai terlihat kental dan pekat, mulailah rendang diaduk sampai ke dasar wajan secara berkesinambungan.
  • Masak rendang sampai keluar minyak, bumbu+dagingnya berwarna kehitaman.


Rendang plus kentang

Catatan:
  • Biar bumbu yang dihasilkan banyak dan lebih wangi, lengkuasnya tidak digeprek melainkan dihaluskan.
  • Setelah Rendang selesai dimasak, angkat minyak yang keluar dari bumbu, biar rendang menjadi lebih kering dan kalau disimpan dalam waktu lama akan lebih awet. Minyak yang kudapat banyaknya kurang lebih setengah gelas ukuran sedang.
  • Membuat rendang dengan resep ini memerlukan waktu kurang lebih 3 jam, itu juga tidak sampai kering dan berwarna hitam benar (capai mengaduknya dan juga ingin cepat dimakan he...he.....)
Semoga resepnya bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar