Powered By Blogger

Rabu, 27 Agustus 2014

Bolu Pisang


Bolu Pisang Lembut dan Legit

Posting kali ini yaitu tentang membuat bolu pisang, walaupun resep ini biasa-biasa saja, tapi bagi saya ini sangat luar biasa, soalnya jarang sekali membuat kue bolu, lebih jarang lagi yang sukses sewaktu membuatnya terutama dalam rasa dan teksturnya he...he.... 

Kue ini hasilnya enak dan lembut juga wangi pisangnya menggoda, walaupun menurut selera pribadi agak kemanisan (yah, ntar kalau buat lagi bisa dikurangi takaran gulanya).

 

Kuenya dibuat tanpa tambahan pengemulsi dan pengembang, jadi kalau sudah sehari-duahari belum habis rasanya akan lebih enak.

 

Bahan:

5 butir Telur pisahkan kuning dan putih telurnya

200 gram Tepung terigu protein sedang (tepung terigunya dikurangi, digenapkan dengan tepung maizena dan susu bubuk masing-masing 2 sendok makan)

200 gram gula pasir

200 gram margarin

200 gram Pisang ambon dihaluskan

 

Cara Membuat:

  • Siapkan dua buah wadah untuk mengocok
  • Kocok dengan kecepatan tinggi putih telur sampai berbusa banyak dan mengembang, masukkan sebagian gula pasir kocok sampai kaku dan berjejak (wadah dibalik putih telur tidak tumpah), sisihkan
  • Kocok margarin dan gula pasir sampai lembut, masukkan kuning telurnya satu persatu sampai habis matikan miskernya, kita mengaduknya memakai spatula saja.
  • Masukkan seperempat bagian tepung terigu sambil diayak ke dalam kocokan margarine, aduk lipat dengan spatula,
  • Masukkan seperempat bagian pisang yang sudah dihaluskan, aduk lipat dengan spatula
  • Masukkan seperempat bagian putih telur, aduk lipat dengan spatula
  • Lakukan terus berulang-ulang sampai semua tercampur dengan rata. Tuang ke dalam loyang.
  • Panggang ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan sampai matang dan permukaannya berwarna kecokelatan kurang lebih waktu memanggang 30 menit.
  • Setelah matang angkat kue dari oven dan dinginkan, setelah dingin baru keluarkan dari loyang dan dipotong-potong sesuai selera.

Bolu pisang menunggu dingin sebelum dikeluarkan dari loyang

 

Aku pakai otang jadi temperaturnya berdasarkan feeling saja, sewaktu membuat kue ini tidak memakai motif cokelat di tengahnya, cuma ada sedikit meises, yah sudah ditaburi saja atasnya dengan meises.

Mudah-mudahan kalau berhasil begini (berhasil menurut aku lho, bukan menurut ahlinya) akan semakin sering buat kue bolunya. Semangat....!!!

1 komentar: