Powered By Blogger

Sabtu, 09 Agustus 2014

Resep Semur Telur dan Tahu

Semur Telur dan Tahu, Resep yang sederhana dan mudah membuatnya

Kalau blog ini banyak memuat postingan tentang resep tahu, itu ada latar belakangnya. Bolehlah kiranya saya cerita sedikit....

Keluarga suami yaitu orangtuanya adalah produsen tahu, walaupun sekarang pabrik tahu orang tua suami sudah tidak ada juga karena keduanya sudah tiada, dan kini tempatnya sudah berganti kepemilikan, tapi masih ada satu orang puteranya yang menekuni usaha seperti orangtuanya dan mempunyai pabrik tahu tersendiri.

Terus terang saya jarang membeli tahu mentah di tempat saya di Plered, kalau ingin tahu dibela-belain suami menempuh jarak ± 20km Plered – Purwakarta ke tempat Pabrik tahu kakaknya, soalnya tahu buatan kakak ipar saya itu enak dan tidak masam.  Memang kalau membeli dari pabriknya langsung rasanya lebih fresh.

Jadi karena jauh, membeli tahu langsung banyak sekalian buat persediaan dan dibuat menjadi bermacam-macam variasi menu tahu.

Masakan ini dibuat dari persediaan bahan masakan di rumah, telur dan bumbu-bumbu sudah ada di rumah, jadi ketika malas belanja, persediaan di rumah tinggal diolah saja.  Kali ini tahu diolah untuk menemani telur dalam masakan semur.  Ini resepnya…..

 

Bahan:

5 butir Telur ayam negeri rebus

10 buah Tahu putih dipotong kotak digoreng sampai berkulit (ukuran bebas tidak mengikat)

Kecap manis secukupnya

2 gelas Santan

Daun salam

Lengkuas

½ gelas air

1 sendok makan minyak wijen (optional)

 

Bumbu halus:

Seujung sendok teh Pala atau ± ½ cm pala ukuran kecil

½ sendok teh Merica

6 butir Bawang merah

3 siung Bawang putih

½ cm jahe

Garam dan gula pasir secukupnya

 

Cara Membuat:

  • Didihkan 1/2 gelas air, masukkan bumbu halus, tambahkan minyak wijen, daun salam dan lengkuas, tambahkan kecap, masak dan diaduk-aduk sampai tercium baunya wangi 
  • Masukkan santan, masak sampai mendidih sambil diaduk supaya santan tidak pecah.
  • Setelah mendidih masukan telur dan tahu, aduk terus sampai mendidih lagi. Matikan apinya.
Membuatnya sangat mudah, yakin deh.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar