Powered By Blogger

Sabtu, 23 Agustus 2014

Resep Perkedel Daging

Perkedel Daging Bumbu Semur


Di Plered kampung tercinta, bola-bola daging ini dinamakan perkedel daging, yaitu bola daging yang dibuat dari gilingan daging sapi dicampur dengan kelapa parut sangrai dalam bulatannya, dimasak dengan bumbu plus kecap merupakan makanan lauk nasi nostalgia masa kecil, rindu sekali pada makanan ini karena dahulu makanan ini terasa sangat istimewa.

Ibu membelinya tidak pernah banyak, jarang lagi. Makannya dijatah (maklum jaman elit alias ekonomi werit), karena makannya sedikit jadinya rasanya benar-benar enak dan nikmat sekali.


Ketika kembali lagi tinggal di Plered setelah  beberapa tahun meninggalkannya, jarang sekali menjumpai makanan ini. Pernah ada yang jual di pasar setelah sekian lama, tapi kok rasanya kurang sip lebih banyak acinya daripada daging dan kelapanya.

Ternyata kakak saya punya resepnya, ya sudah pucuk dicita ulam pun tiba, resep yang dari kakak saya cuma dilihat bahannya saja sebagai patokan, selebihnya dibuat sesuai dengan bahan yang ada, karena kebetulan di rumah masih ada sisa daging sapi slimpiran sewaktu membuat sate maranggi (bagian pinggir daging yang dirasa akan alot kalau dibuat sate) dan daging ayam persediaan.

 

Kita sudahi dulu ceritanya, selanjutnya mari kita beraksi di dapur…

 

Bahan Perkedel Daging:

100 gram daging sapi

150 gram daging ayam fillet

100 gram kelapa parut sangrai

Seujung sendok teh Pala

Seujung sendok teh Merica

1 sendok teh Garam

2 siung Bawang putih

1 sendok teh Gula pasir

1 butir telur

4 gelas air untuk merebus bola daging

 

Bumbu Halus untuk kuah:

6 butir Bawang merah

3 siung Bawang putih

10 sendok makan Kecap manis

3 butir Kemiri digoreng

Seujung sendok teh Pala

Seujung sendok teh Merica

Sepotong kecil Kayu manis

Garam dan gula pasir secukupnya

 

Pelengkap:

Minyak untuk menumis

2 gelas air

1 ruas jari Lengkuas

3 lembar Daun salam

1 butir Bawang Bombay dipotong bulat

8 butir Telur puyuh

 

Cara Membuat:

Perkedel Daging

  • Potong-potong daging kira-kira ukuran 1 cm, biar digilingnya mudah (kalau ada bagian yang alot dikerat lagi lebih kecil)
  • Kalau aku daging dengan bawang putih digilingnya pakai chopper kesayangan sampai dirasa cukup halus, pindahkan ke dalam wadah
  • Campur daging giling, kelapa parut sangrai, telur ayam, pala, merica, garam dan gula pasir, aduk sampai rata
  • Bentuk adonan menjadi bulatan kecil sampai adonan habis
  • Didihkan air, setelah mendidih kecilkan apinya masukan bola bola dagingnya, masak sampai bola daging mengapung dengan sendirinya, setelah itu angkat dan tiriskan.

Sekarang membuat kuahnya:

  • Panaskan minyak untuk menumis, masukkan bawang bombay, tumis sebentar saja kemudian masukkan bumbu halus, masak sampai berbau wangi.
  • Tambahkan daun salam, lengkuas dan air, masak sampai mendidih.
  • Masukkan perkedel daging dan telur puyuh, masak dengan api sedang sampai matang dan bumbu meresap.
  • Perkedel daging siap dihidangkan.

 

Setelah dicicipi, selanjutnya dibayangkan apakah mirip rasanya dengan rasa perkedel daging memori masa kecil dahulu, ternyata kurang mirip sebab yang buatanku rasa dagingnya lebih terasa banget.... he....he....

Oh..iya, karena sewaktu membuat perkedelnya tidak ditambahkan air sedikitpun, jadinya teksturnya sangat padat. Mungkin lain kali kalau membuat lagi ditambahkan sedikit air biar rasanya lebih empuk.

 


Semoga resepnya berguna, terima kasih sudah berkunjung.

2 komentar: