Powered By Blogger

Selasa, 02 September 2014

Membuat Mie Kocok Yang Mudah


Mie Kocok
Salah satu variasi menu makanan di keluarga kecil kami, yaitu minimal seminggu sekali menghadirkan menu ala jajanan umum, seperti membuat bakso tahu, soto ayam, bubur ayam, dan lan-lain.
Sekarang menu ala jajanannya membuat Mie Kocok walaupun pada prakteknya tidak memakai mie, karena karbohidratnya memakai nasi.
Bagian tubuh sapi yang digunakan untuk membuat mie kocok bukan dari dagingnya, walaupun tidak ada seorangpun yang akan melarang kalau ingin membuat mie kocok memakai irisan daging sapi. 
Bagian yang biasa digunakan untuk membuat mie kocok yaitu  memakai potongan tulang iga sapi, tulang kaki sapi, kikil, daging kerewed, dan juga daging bagian kepala. Bagian yang disebutkan di atas menghasilkan daging yang gurih dan  grenyil-grenyil. 

Sekedar peringatan, menikmati mie kocok ini jangan terlalu sering, karena kadar kolesterolnya lumayan tinggi, ketika menikmati mie kocok usahakan tersedia buah-buahan segar, atau minimal ada mentimun. 
Untuk rasa asamnya biar sehat didapatkan dari jeruk limau bukan dari cuka, Insya Allah rasanya lebih segar, dijamin.  

Kali ini membuat mie kocok dagingnya dari daging kepala sapi, dari niat awal memakai tulang iga, karena di pasarnya tidak ada ya sudah gunakan yang ada saja. 
Memasaknya tidak lama karena menggunakan panci presto biar mudah dan cepat.

Bahan Kuah:
500 gram Daging kepala sapi
4 siung Bawang putih dihaluskan
1 sendok makan Merica bubuk
2 batang Daun bawang
Garam dan gula secukupnya
5 gelas Air untuk merebus

Pelengkap:
Irisan seledri
Bawang goreng
Kecap manis
Saus botolan
Sambal cabe rawit
Jeruk limau
Tauge
Mie basah (Aq tidak pakai)

Cara Membuat:
  • Didihkan air di dalam panci presto
  • Masukkan daging kepala sapi bersama dengan bawang putih, merica, garam dan gula pasir. Tutup pancinya
  • Masak sampai berdesis, hitung waktu dimulai, masak daging kepala sapi kurang lebih selama lima menit saja. Setelah itu matikan apinya, tunggu sampai panci berbunyi tanda sudah bisa dibuka
  • Setelah panci bisa dibuka, ambil daging kepala sapi, potong-potong dengan ukuran kecil, masukkan lagi ke dalam panci ditambah dengan irisan daun bawang. 
  • Sewaktu memotong daging kepala bisa dirasakan apakah daging kepala sudah empuk atau belum. Apabila Daging kepala belum terasa empuk, tutup lagi panci presto, dan masak lagi sebentar kurang lebih lima menit.
  • Setelah panci bisa dibuka, biar kuahnya panas, nyalakan lagi apinya tanpa ditutup panci prestonya
Tinggal disiram dengan kuah dan dagingnya

  • Penyajiannya, siapkan mangkuk taruh ke dalam mangkuk bahan pelengkap mie kocok, siram dengan kuah panas mie kocok beserta potongan daging kepala sapinya.
  • Kucuri dengan jeruk limau biar rasanya segar
Penyeimbang supaya tidak eneg
  • Menikmati semangkuk mie kocok ini diselingi dengan memakan potongan mentimun.

1 komentar: