Powered By Blogger

Senin, 22 September 2014

Bolu Ketan Hitam Alami

Bolu ketan hitam tanpa tambahan pengembang, pengemulsi, apalagi pemanis buatan

Setelah sebelumnya menganggap sukses membuat kue bolu pisang, kali ini dan hari ini tadi siang membuat bolu ketan hitam. 

Berhubung punya tepung ketan hitam yang sudah lama dibelinya tapi belum juga diolah dan masih ada bahan kue yang sebelumnya tidak jadi diolah untuk kue lebaran.


Membuat bolu ketan hitam ini tetap dalam zona aman tanpa tambahan pengembang, pengemulsi apalagi pemanis buatan. Bukannya anti, cuma saja kalau masih bisa tanpa tambahan zat aditif buatan tersebut mengapa tidak?. Lain halnya kalau nanti aku mau membuat bolu karamel pasti membutuhkan soda kue dan baking powder soalnya kalau tanpa tambahan zat itu bolunya tidak akan bersarang cantik.


Pengocokan adonan tetap menggunakan metode butter cake (menurut ulasan Ibu Fatmah Bahalwan dari NCC) yaitu margarine yang dikocok bukan yang dicairkan. 

Takaran bahannya yaitu tepung, gula pasir dan margarin beratnya sama 200 gram. Karena tidak begitu suka manis gulanya dikurangi, sedangkan tepung ketan hitamnya dikurangi selebihnya digenapkan dengan susu bubuk dan tepung maizena. Oh iya ditambahkan campuran pala bubuk dan kayu manis bubuk supaya wangi (mengikuti kebiasaan ibu saya kalau membuat kue bolu pasti memakai biji pala atau kayu manis yang diparut).

Yup, langsung saja disimak resepnya..........

Bahan :
150 gram tepung ketan hitam
1 sendok makan munjung susu bubuk instant
2 sendok makan tepung maizena
180 gram gula pasir (aq timbang 200 gram diambil 1 sendok makan munjung)
200 gram margarin
5 butir telur ayam
Sedikit bubuk pala dan kayu manis 

Cara Membuat:

  • Siapkan dua wadah untuk dua pengocokan
  • Pisahkan putih telur dan kuningnya
  • Kocok putih telur hingga mengembang, masukkan sebagian gula pasir, kocok lagi sampai kaku dan berjejak, sisihkan
  • Kocok margarin dan sebagian lagi gula pasir sampai lembut dan berwarna kuning pucat, masukkan kuning telur satu persatu sampai tercampur rata
  • Masukkan sambil diayak sebagian campuran tepung ketan hitam+susu bubuk+tepung maizena, aduk lipat pelan-pelan dengan spatula sampai tercampur
  • Masukkan sebagian putih telur kocok aduk lipat pelan-pelan dengan spatula sampai tercampur, lakukan terus sampai selesai
  • Tuangkan ke dalam loyang yang telah dialasi dengan kertas roti dan diolesi mentega
  • Masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya, masak kurang lebih 35 menit dengan api sedang
  • Setelah matang keluarkan dari oven tunggu kue sampai agak dingin
  • Sesudah dingin baru keluarkan kue dari loyang, potong kue besarnya sesuai selera
  • Kue bolu ketan hitam siap untuk disantap
Kue bolu ketan hitam sambil dipotong sambil dicicipi atau tepatnya dimakan (kalau dicicipi mungkin cuma sepotong, kalau ini beberapa potong). Ini waktunya siang hari.



Setelah sore hari kue bolu ketan yang tersisa tinggal segini lagi.......
Mengetes matangnya selain waktu juga berdasarkan penciuman, ketika kue sudah tercium wangi, dan penglihatan ketika dilihat bagian atasnya sudah kecokelatan. Kalau tes tusuk menyebabkan udara yang terperangkap di dalam kue akan keluar, jadi kue akan kempes melempem (itu kata demo man sales produk alat memasak), jadi tes tusuknya aku skip saja.



Aih...... senangnya diriku kalau buat kue bolunya sukses, bolu ketan hitam ini benar-benar enak, manisnya pas dan kuenya lembab, dimakannya tidak kesat dan baunya wangi dari tepung ketan hitam ditambah rempah, ditambah olesan loyangnya menggunakan butter, kebayang kan bagaimana wanginya. Kue ini cocok dinikmati ditemani dengan segelas teh pahit. 

Selanjutnya buat kue bolu apalagi ya.....


2 komentar: