Powered By Blogger

Minggu, 15 Juni 2014

Resep Bubur Ayam Homemade

Bubur Ayam Homemade

Dulu sekali sewaktu masih kecil, makan bubur ayam itu identik dengan orang sakit, karena tekstur bubur itu lunak sehingga mudah dikunyah dan dicerna.
Tapi untuk waktu sekarang bubur itu tidak harus dimakan oleh orang sakit, buktinya di tukang bubur yang mangkal pembelinya kelihatan sehat-sehat sambil makan buburnya dengan lahap.

Kemarin sewaktu posting ayam ungkep, sebenarnya dalam rangka membuat bubur ayam.

Membuat bubur ayam terlihat ribet dan banyak persiapan terutama untuk mempersiapkan pelengkapnya seperti, kacang kedelai goreng, bawang goreng, kerupuk goreng, sambal cabai rawit, dan tentunya ayam goreng. Memang benar juga, tapi itu bukan alasan untuk mundur dalam membuat bubur ayam homemade yang enak sesuai selera kita, terjamin kebersihannya dan juga kalau kurang tanpa sungkan bisa nambah lagi, Gratis!!

Untuk pelengkapnya bisa disiasati dengan cara diolah sehari sebelumnya atau diwaktu kita luang seperti menggoreng kerupuk, kacang kedelai, dan bawang goreng.

Di sini saya membuat buburnya memakai panci presto, mempersingkat waktu dan irit bahan bakar. Membuatnya tidak banyak kurang lebih untuk empat porsi.

Yuk ah langsung ke dapur…..

Bahan Bubur:



250 gram/1 gelas munjung Beras kualitas bagus dicuci bersih
1,5 liter air
3 sendok makan garam

Kuah kuning:
Kaldu ayam dari ayam ungkep
3 batang bawang daun diiris (lebih banyak lebih enak)
3 lembar daun salam

Pelengkap:
Ayam goreng suwir
Kerupuk goreng
Bawang merah goreng
Irisan seledri
Kacang kedelai goreng
Sambal cabai rawit
Bubuk merica
Kecap asin
Kecap manis

Cara Membuat:
Beras sudah menjadi bubur!!!
  1. Masukkan beras dan air ke dalam panci presto, tutup pancinya
  2. Masak sampai berdesis, hitungan waktu dimulai
  3. Masak selama kurang lebih 15 menit
  4. Matikan api, tunggu sampai panci memberi tanda supaya bisa dibuka
  5. Setelah bisa dibuka bubur diaduk sampai tercampur rata, masukkan garam
  6. Saat itu bubur belum terlalu lumat, masak lagi tanpa ditutup sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan bubur terlihat lumat dan menjadi lebih kental.
  7. Bubur siap dihidangkan


Kuah Kuning :
Didihkan kaldu ayam dari ayam ungkep ditambah irisan bawang daun, masak sampai mendidih dan daun bawang layu (kalau ada bawang bombay lebih sip).

Kacang kedelai goreng, bawang goreng, dan irisan seledri
Tambahan untuk kacang kedelai goreng : sebelum digoreng kacang kedelai direndam dalam air dingin paling sebentar 1 jam dan paling lama 3 jam sampai kacang mengembang sehingga hasilnya akan renyah, dan jangan direndam dengan air panas karena sari kacangnya akan berkurang. Selanjutnya kacang kedelai digoreng dengan minyak panas sampai kacang terendam dalam minyak.

Cara menghidangkan :
Tuang bubur ayam ke dalam mangkuk, siram dengan kuah kuning, tambahkan suwiran daging ayam, sedikit merica bubuk, bawang goreng, irisan seledri, kacang kedelai goreng, sambalnya dan terakhir kerupuknya. Kalau kurang asin bisa ditambah kecap asin, dan agar lebih ramai rasanya ditambah lagi dengan kecap manis.

Bubur homemade siap disantap……

1 komentar: